Senin, 12 November 2012

koneksi oracle ke vb


Saya anggep yang udah nginstall semua service oracle yah.. Sekarang kita mau login ke database oracle, oracle sudah menyediakan aplikasi web yang namanya iSQLPlus, aplikasi ini kayak phpMyAdmin yang biasanya terinstall di XAMPP. Alamat dari aplikasi ini kalo di komputerku http://localhost:5560/isqlplus, nah port 5560 bisa kita set dari file portlist.ini yang ada di folder C:/oracle/product/10.2.0/db_1/install.
portlist
Port 5560 bisa diganti sesuka hati kita, asaal.. gak pake port laen. ^^
Langkah selanjutnya kita buka web browser kita dengan mengetikkanhttp://localhost:5560/isqlplus, tampliannya akan seperti di bawah ini :
oraclelogin
Selanjutnya kita login ke database tersebut dengan username SCOTT, password TIGER dan Connect Identifiernya orcl. Connect Identifier itu maksudnya nama database yang ingin kita login. Kalo nggak bisa pake username itu ada lagi, misal HR dengan password HR, jika kedua-duanya tidak bisa dipakai, maka bisa login dengan username SYSTEM dengan password ORACLE lalu ketik SQL command “ALTER USER HR IDENTIFIED BY HR ACCOUNT UNLOCK” untuk meng-unlock username .
Sekarang, kita buka aplikasi VB, kebetulan yang terinstall di komputer saya adalah VB 6, *hehe, lawas…*.
startupvb
Pada tampilan start up dari VB, pilih standard EXE, kemudian klik Open. Lalu atur form sesuai yang anda inginkan. Setelah itu pilih menu Project, pilih Component.
menu
Maka akan tampil dialog box component. Setelah itu pilih / centang Oracle Data Control, Microsoft Data Bound Grid Control 5.0 dan Microsoft Data Bound List Control. Jika sudah maka akan tampil ikon tool baru di toolbox.
Drag sebuah ORADC ke Form1, ubah propertinya sebagai berikut
Properti NameValue
NameOradc1
ConnectSCOTT/TIGER
DatabaseNameorcl
RecordSourceSELECT * FROM EMP
Drag juga DBGrid ke Form1, ubah propertinya sebagai berikut
Properti NameValue
NameDBGrid1
DataSourceOradc1
Kemudian klik kanan DBGrid1 dan pilih “Retrieve Fields”, maka akan me-refresh data di DBGrid1.
Tekan F5 untuk menjalankan aplikasi..
Oke dech.. aplikasi VB Oracle sudah jadi.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar